Assalamualaikum

Di kesempatan kali saya akan memberi wawasan tentang Kematian Khusnul Khatimah.

Tahukah kamu apa itu Khusnul Khatimah?, Khusnul Khatimah adalah Akhir yang baik, adalah seorang hamba yang ketika ia akan meninggal ia diberi taufiq agar menjauhi perbuatan yang dapat membuat Allah SWT murka.

Sesungguhnya di antara jatah yang di berikan kepada manusia di dunia ini adalah umur (dari buku yang di tulis oleh Zainuddin ibn Ali al-Ma'bari al-Malibiri). berdasarkan kalimat tersebut dapat di jelaskan bahwa jika umurmu di manfaatkan dengan sebaik baiknya agar dapat menghasilkan hasil yang terbaik di akhirat untuk perniagaan yang akan membuat untung dirimu sendiri.

jika ada khusnul Khatimah maka ada Suul Khatimah, Suul khatimah adalah akhir yang tidak menyenangkan hal itu di sebabkan karena seorang yang selalu berbuat dosa kecil sehingga di terbiasa dan mudah melakukannya. Di tak pernah berfikir bahwa suatu saat perbuatannya akan menjadi dosa yang amat besar nauzubillah ya!. Anas bin Malik Radhiallahu'Anhu berkata "Sesungguhnya, nanti kalian benar benar akan melakukan suatu amalan yang menurut kalian sendiri itu lebih lembut dari pada sehelai rambut yang mana pada masa Rasulullah shalallahu Alaihi wa sallam kami menyebutnya sebagai perbuatan maksiat".

Takut karena Suul khatimah ini selayaknya selalu ada pada segenap orang dalam setiap kejapan matanya, karena ketakutan itulah yang alan memotivasi untuk beramal. Akan tetapi jika seseorang sudah mendekati kematiannya maka selayaknya dia hanya merindukan pertemuan Allah SWT.seperi sabda rosulullah:

مَنْ أَحَبَّ لِقَاءَ اللهِ أَحَبَّ لِقَائَهُ، وَمَنْ كَرِهَ لِقَاءَ اللهِ كَرِهَ اللهُ لِقَائَهُ، فَقُلْتُ: يَانَبِيَ الله! أَكَرَهِيَةُ المَوْتِ، فَكُلُّنَا: نَكْرَهُ المَوْتَ؟ فَقَالَ: لَيْسَ كَذَلِكَ، وَلَكِنِ المُؤْمِنُ إِذَا بُشِّرَ بِرَحْمَةِ اللهِ وَرِضِوَانِهِ وَجَنَّتِهِ أَحَبَّ لِقَاءَ اللهِ، وَإِنَّ كَافِرَ إِذَا بُشِّرَ بِعَذَابِ اللهِ وَسُخْطِهِ كَرِهَ لِقَاءَ اللهِ وَكَرِهَ اللهُ لِقَائَهُ.


“Barangsiapa yang suka bertemu Allah, maka Allahpun suka untuk bertemu dengannya. Dan barangsiapa tidak suka bertemu Allah, maka Allah pun benci untuk bertemu dengannya”. ‘Aisyah bertanya,”Wahai Nabi Allah! Apakah (yang dimaksud) adalah benci kematian? Kita semua benci kematian?” Rasulullah menjawab,”Bukan seperti itu. Akan tetapi, seorang mukmin, apabila diberi kabar gembira tentang rahmat dan ridha Allah serta SurgaNya, maka ia akan suka bertemu Allah. Dan sesungguhnya, orang kafir, apabila diberi kabar tentang azab Allah dan kemurkaanNya, maka ia akan benci untuk bertemu Allah, dan Allahpun membenci bertemu dengannya”.
5 Penyebab Kematian Khusnul Khatimah

Nabi Saw. telah menunjukan beberapa ciri Khusnul khatimah. Jika sesrorang meninggal di sertai dengan salah satu ciri ini maka merupakan pertanda baik :

1. Mengucap kaliat tauhid ketika menjelang kematian.

2. Mati syahid karena nerjuang meninggikan kalimat Allah.

3. Mati ketika sedang berperang di jalan Allah atau ketika Muhrim haji.

4. Mati saat puasa dan sedekah.

5. Mati demi menjaga lima hal yang di jaga oleh syariat yaitu agama, jiwa, harta, kehormatan dan akal.

6. dan masih banyak lagi

Demikian itulah yang dapat saya sampaikan tentang Khusnul Khatimah semoga bermanfaat untuk anda

Wassalamualaikum.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment

 
Top